Manfaat Grapeseed Oil aka Minyak Anggur

Apa itu Grapeseed Oil?


Grapeseed Oil atau Minyak Biji Anggur adalah minyak yang dibuat dengan cara mengekstrak biji anggur untuk memperoleh minyak yang dibutuhkan.

Karena setiap benih atau biji hanya menghasilkan sejumlah kecil minyak, maka untuk menghasilkan minyak biasanya biji anggur diekstrak secara kimiawi. Ekstraksi kimia tidak mempengaruhi kualitas minyak yang dihasilkan sehingga membuat Grapeseed Oil semakin terjangkau bagi orang-orang yang ingin membelinya.

Grapeseed Oil termasuk minyak yang paling ringan diantara berbagai jenis minyak lainnya dan merupakan minyak tak jenuh ganda serta mengandung senyawa bermanfaat seperti asam linoleat.

Grapeseed Oil biasanya digunakan untuk memasak ataupun untuk kosmetik. Khusus untuk memasak, pastikan Grapeseed Oil anda adalah Food Grade karena beberapa Grapeseed Oil untuk kosmetik banyak yang mengandung bahan kimia yang bisa berbahaya bila dikonsumsi. Seperti sifat minyak pada umumnya, Grapeseed Oil harus disimpan di tempat yang sejuk dan gelap agar tidak cepat rusak.

Grapeseed Oil telah dikenal memiliki beberapa manfaat kesehatan yang penting karena merupakan sumber yang baik dari asam lemak esensial dan vitamin E. Polifenol dan flavonoid yang ditemukan dalam Grapeseed Oil ternyata mengandung senyawa antioksidan yang sangat kuat.

Berikut adalah Manfaat dari Grapeseed Oil:

  • Flavonoid 'procyanidin oligomer' yang terkandung dalam Grapeseed Oil adalah antioksidan yang sangat kuat, sekitar 50 kali lebih kuat dari antioksidan seperti, vitamin C dan E. Jadi, senyawa ini dapat memberikan perlindungan yang lebih efektif terhadap kerusakan sel dan jaringan yang disebabkan oleh radikal bebas.
  • Minyak biji anggur diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular dengan menurunkan tingkat kolesterol jahat LDL karena dapat meningkatkan tingkat kolesterol HDL yang baik, sehingga berperan aktif dalam mengurangi risiko penyakit koroner. Selain itu, menggunakan ekstrak biji anggur dan kromium bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat.
  • Grapeseed Oil kaya akan asam linoleat, yang merupakan asam lemak tak jenuh ganda yang bermanfaat bagi orang yang menderita diabetes.
  • Grapeseed Oil dapat membantu meningkatkan sirkulasi peredaran darah dan mencegah serta mengurangi kondisi sperti wasir, spider-veins dan varises karena Grapeseed Oil mampu memperbaiki serta memperkuat pembuluh darah kapiler yang telah rusak. 
  • Grapeseed Oil memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga baik untuk menobati rasa sakit dan bengkak akibat radang sendi. 
  • Antioksidan yang ditemukan dalam ekstrak biji anggur membantu dalam mencegah kanker.
  • Grapeseed Oil juga berfungsi dalam mengobati asma, jerawat, alergi dan dermatitis.
  • Grapeseed Oil kaya akan Omega-3, Omega-6, dan Omega-9 yang sangat penting bagi tubuh, terutama bagi kesehatan Jantung.
  • Grapeseed Oil mengandung Vitamin E dengan kadar yang tinggi.
  • Grapeseed Oil membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Grapeseed Oil sangat baik dalam menjaga kekencangan dan kekenyalan kulit.
  • Biji anggur mengandung proanthocyanidins, antioksidan yang sangat kuat, yang membantu menangkal efek merusak matahari dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas.
  • Grapeseed Oil dapat mempercepat penyembuhan luka karena kaya akan asam linoleat, yang merupakan asam lemak esensial yang cukup penting bagi kulit dan membran sel.
Fakta menunjukkan bahwa Grapeseed Oil merupakan minyak yang sangat luar biasa manfaatnya karena selain kaya akan vitamin dan mineral ternyata tidak menyebabkan iritasi kulit. Sayangnya, penggunaan minyak ini kurang begitu dikenal oleh masyarakat luas.

Pengobatan jangka pendek dengan dosis yang tepat ekstrak Grapeseed Oil biasanya tidak menimbulkan efek samping. Meskipun begitu, yang namanya efek samping tetap ada jika tidak diikuti dengan aturan yang tepat dan benar.

Berikut adalah efek samping dari Grapeseed Oil :

Efek samping ringan yang berhubungan dengan Grapeseed Oil termasuk tekanan darah tinggi, pusing, sakit kepala, mual dan gangguan pencernaan,kulit kepala kering atau bersisik dan gatal. Jika salah satu dari efek samping menjadi parah atau tidak mau hilang segera konsultasi dengan dokter untuk perawatan lebih lanjut.

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Recent